Laman

Saturday, December 6, 2014

Deadlock (Penyebab, Penghindaran, Konkurensi)

Konkurensi adalah kebersamaan.
Sejumlah proses akan dikatakan konkuren, jika proses-proses tersebut berada pada saat yang sama dan harus berbagi sumber daya secara bergantian.

Konkurensi diperlukan untuk sistem-sistem

  • multiprogramming, 
  • multiprosesing, dan 
  • distributed prosesing

Deadlock merupakan suatu pemblokiran beberapa proses secara permanen, dimana dua proses atau lebih tidak dapat meneruskan eksekusi akibat saling menunggu aksi/data.
Semua deadlock berkaitan dengan adanya suatu konflik kebutuhan suatu resource oleh dua atau beberapa proses secara bersamaan.
Syarat / kondisi penyebab terjadinya Deadlock :
  1. Mutual Exclusion, yaitu kondisi dimana hanya ada satu proses yang boleh menggunakan 1 sumber daya pada satu  saat bersamaan.
  2. Hold and Wait, yaitu satu kondisi dimana proses diperbolehkan memegang resource yang dialokasikan sambil menunggu resource yang lain datang.
  3. No Preemption, yaitu kondisi dimana suau resource tidak dapat diminta dari proses yang sedang memegangnya.
  4. Circular Wait, yaitu kondisi dimana setiap proses menahan sedikitnya satu proses yang dibutuhkan oleh proses lain, sehingga terbentuk suatu rantai tertutup.
Penghindaran Deadlock
  • Gagasan dasar penghindaran deadlock adalah hanya memberi akses ke permintaan sumber daya yang tidak mungkin menimbulkan deadlock
  • Strategi ini biasanya diimplementasikan dengan pengalokasi sumber daya memeriksa dampak-dampak pemberian akses ke suatu permintaan.
  1. Safe State / State Selamat Dikatakan state selamat jika tidak deadlock dan terdapat cara untuk memenuhi semua permintaan yag ditunda tanpa menghasilkan deadlock dengan menjalankan proses-proses secara hati-hati mengikuti suatu urutan tertentu. 
  2. Unsafe state / State Tidak Selamat Dikatakan sebagai state tidak selamat, jika tidak terdapat cara untuk memenuhi semua permintaan yang saat ini ditunda dengan menjalankan proses-proses dengan urutan tertentu.

No comments:

Post a Comment